💝 MUHASABAH CINTA

🌿🌿💝🌿🌿
MUHASABAH CINTA

image

Hr.Tgl. : Senin 23 Maret  2015
               02 Jumada al’thani  1436 H
No.       : 021/MC/Kom /03/2015
Tujuan : Semua KUTUBer

💌Muhasabah CINTA (Cerita dan Inspirasi Tahajjud) bersama Ust. Uti Konsen.U.M.

📜Judul : HINDARI DOSA , ALLAH MEMBANGUNKAN UNTUK BERTAHAJJUD

📨Bismillahirohhamaniroohimm ….

Adakalanya seseorang menjadi tercegah dari mendapatkan rezeki disebabkan oleh dosa yang dilakukannya. Begitu pula orang menjadi berat dan sulit untuk bangun malam beribadah kepada Allah swt. karena perbuatan dosa yang dilakukannya pada siang hari. Setiap kali dosa bertambah, bertambah jauh pula pelakunya dari Allah. Ia menghilangkan kebahagiaan abadinya dan menukarnya dengan kenikmatan yang lebih rendah. Sebagian ulama salaf berkata, “Ketika aku bermaksiat kepada Allah, aku lihat hal itu berpengaruh terhadap hewan kendaraanku dan isteriku.”

Shalat tahajjud membutuhkan taufiq. Sementara taufiq itu sendiri harus kita minta dari Allah. Terkadang dosa-dosa dan kebohongan mengakibatkan manusia kehilangan shalat malam dan kelezatan ibadah dan munajat terlepas darinya. Dalam satu hadits ditegaskan “Terkadang manusia berbohong sehingga ia terhalang untuk melakukan shalat malam”. Ada seorang laki-laki dilaporkan kepada Rasulullah saw. Dikatakan bahwa orang tersebut tidur terus sampai pagi dan tidak shalat. Lantas Beliau saw bersabda “Setan telah mengencingi di telinganya” (HR.Bukhari dari Abdullah).

Imam Malik kagum dengan kecerdasan Imam Syafe’i. Lalu ia berkata “Aku melihat Allah telah meletakkan cahaya di dalam hatimu, maka janganlah engkau padamkan cahaya tersebut dengan maksiat.”
          
Seseorang berkata kepada Imam Al Hasan “Wahai Abu Sa’id, aku melewati malam dalam keadaan sehat, dan aku ingin melakukan Qiyamul Lail. Untuk itu aku bahkan telah bersiap diri dengan bersuci. Tapi mengapa aku tak bisa bangun malam ?”. Beliau menjawab “Dosa-dosamu menghalangimu.” Pada lain kesempatan juga seseorang bertanya kepada beliau “Aku ingin bangun bertahajjud, namun aku tak mampu” Beliau menjawab “Taati Rabbmu di siang hari, niscaya Dia akan membangunkanmu di malam hari.” Fudhail bin Iyadh juga berkilah “Jika kamu tidak mampu menunaikan shalat Tahajjud, maka ketahuilah bahwa sebenarnya kamu sedang terhalang oleh dosa.”
          
Seseorang mengeluh  kepada Ibnu Mas’ud ra “ Kami tidak mampu untuk melakukan shalat malam.” Beliau menjawab “Kalian dijauhkan oleh dosa-dosa kalian.”
          
Imam Ghazali bertutur “Dosa – dosa yang diperbuat seseorang, menyebabkan ia terhalang untuk istiqamah tahajjud. Dua rakaat dipertengahan malam merupakan bagian dari perbendaharaanmu untuk satu hari ketika kamu sangat membutuhkan, sedangkan perbendaharaan dunia tidak lagi berguna tatkala kamu sudah mati.”
          
Imam Syafe’I menerangkan “Nur kebenaran Al Quran itu tidak akan dapat masuk ke dalam hati orang – orang yang durhaka atau berbuat dosa “. Imam Al Ghazali menambahkan “Orang yang hatinya berkarat karena banyak dosa, tidak akan tergerak untuk mentadaruskan Al Quran dan melajimkan Tahajjud.”
Wallahu’alam.

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

Yukkk  gabung di KUTUBer
~ Komunitas Tahajjud Berantai ~
Salah satu komunitas WhatApps yang husna ikuti, di komunitas ini kita belajar untuk membiasakan diri dan saling mengingatkan untuk kebaikan. Terkadang kita susah bangun sendiri, maka akan ada saudara yang membangunkan kita agar melaksanakan sholat tahajjud, terkadang pula kita tersibukkan dengan aktivitas di pagi hari hingga lupa akan sholat dhuha, maka akan ada saudara yang mengingatkan. Beginilah sesama muslim, saling mengingatkan untuk kebaikan dan ketaatan kepada Allah.

Yukk gabung di KUTUBer…
SMS/WA : 089659474141

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿
Mencoba Membiasakan diri dalam Kebaikan HusnAndalusia2015/PujjaSariPurnama
Palangkaraya, 23 Maret 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s